14 Tips Ini Dijamin Bisa Bikin Puasa Terasa Ringan Lho!!

Posted by Fajar on 18.09.00

14 Tips Berpuasa di blan ramadhan
14 Tips Berpuasa di blan ramadhan
Hariansiana News - Bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah, seluruh umat muslim diharuskan agar berpuasa. Namun tak banyak yang sanggup berpuasa sampai waktu berbuka tiba. Ada saja godaan yang diterima. Atau mungkin memang tidak sanggup lagi menahan lapar dan haus.

Saat Berpuasa kita menahan lapar dan haus hingga 12 jam lamanya, dan pada saat siang hari biasanya orang yang berpuasa merasa tubuhnya lesu dan tak bersemangat, tak heran jika rasanya ingin tidur.

Jangan khawatir, disini saya akan memberikan Tips Puasa ramadhan yang bisa kamu terapkan dan insyallah dapat membantu kamu untuk melakukan aktifitas puasa tersebut. Memang sudah banyak yang sudah membahas Tips sehat berpuasa di bulan ramadhan ini, tapi apa salahnya jika saya bahas lagi ya hehehe

Sebelum saya memberikan Tips menjalankan puasa, ada baiknya didahulukan dengan niat diri sendiri. Yakinkan diri agar dapat berpuasa, berniatlah karna maha pencipta, dan insyaallah yang maha kuasa meberikan kelancaran, amin.

Langsung saja kita ke pokok pembahasannya, Berikut adalah Cara agar puasa terasa ringan :

1.       Sahur di akhir waktu sangat dianjurkan, bagaimana maksudnya?? Sahur tak perlu terburu buru, sahur di waktu akhir saat saat mendekati imsak sangat dianjurkan rasul, selain itu sahur diakhir waktu juga dapat menunjang aktifitas puasa kita lebih baik.
2.       Santap makanan yang sesuai, tidak berlebihan. Usahakan makan makanan yang berkarbohidrat dan berprotein tinggi, selain itu makan sayur sayuran dan minum air saat sahur juga dapat membuat tubuh lebih vit saat melakukan aktifitas puasa, dan terhindar dari dehidrasi
3.       Lengkapi dengan susu atau suplemen multivitamin, karna dengan ini kamu mendapatkan banyak nutri tubuh untuk berpuasa.
4.       Jangan makan makanan yang mengandung banyak gula, tak banyak yang tau jika makan makanan yang manis saat sahur malah akan membuat tubuh semakin lesu saat siang hari. Kurangi makan makan yang bersifat manis saat sahur.
5.       Minum air putih setidaknya 2 gelas, lebih banyak lebih bagus. Tapi jangan berlebihan,  itu juga sudah cukup untuk memenuhi mineral tubuh untuk berpuasa.
6.       Hindari terik mathari di sing hari, serta kurangi aktifitas fisik untuk terhindar dari letih, lesu dan lemas
7.       Sempatkan juga beristirahat. Tubuh perlu istirahat yang cukup saat berpuasa, mungkin waktu istirahat di bulan puasa akan lebih lama dibanding biasanya, waktu yang tepat untuk istirahat biasanya setelah melakukan ibadah sholat dzuhur.
8.       Berolahraga ringan di waktu senjang. Sempatkan untuk berolahraga agar tubuh menjadi bugar da sehat, lakukan pada sore hari karna jika siang hari panas matahari terlalu terik untuk berolahraga, olahraga ringan yang bisa kamu lakukan seperti : yoga, jalan santai, bersepeda, dll
9.       Setelah berbuka, Disunahkan makan buah kurma, serta minum dengan yang manis manis seperti es buah, susu atau air teh untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa
10.   Lanjut ke menu makanan utama, makanlah dengan porsi yang biasa atau tidak berlebihan, usahakan makan makanan yang mengandung banyak karbohidrat, protein dan dilengkapi dengan buah atau sayur sayuran.
11.   Jangan makanan gorengan berlebihan. Dan makan makan yang pedas karna akan menggangu sistem pencernaan tubuh.
12.   Minum 8 gelas setiap harinya, agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu jika asupan minerl tubuh cukup. Tubuh terasa lebih vit untuk berpuasa. Untuk minum 8 gelas setiap harinya kamu bisa gunakan taktik 2-4-2 yaitu 2 gelas (sahur) 4 gelas (berbuka) 2 gelas(malam).
13.   Tidur jangan larut malam, usahakan mengatur jadwal tidur sehat, jangan begadang jika memang itu diperlukan karna ada yang harus dikerjakan usahakan di minimalisir, karna jika kekurangan tidur saat pagi hari tubuh terasa lemas dan lesu
14.   Jangan lupa berniat baik berbuat kebaikan, karna apapun ayng kita lakukan jika tanpa seizin yang maha esa tak akan terjadi, perbanyaklah amal kebaikan dibulan ramadhan, seperti shalat, bersedekah, dll..

Sekian artikel tips sehat berpuasa dibulan ramadhan, semoga tips yang saya berikan ini dapat membantu teman teman semua agar dapat menjalan ibadah puasa dengan optimal, dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada yang maha kuasa agar diberikelancaran. Aminn..


Bang Tama
New Johny WussUpdated: 18.09.00

CB